expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 5 August 2017

Warung Brongkos Legendaris Yang Bikin Pengunjung Rela Antri: Brongkos Handayani Yogyakarta

Kalau kebanyakan postingan saya adalah tentang tempat makan atau tempat nongkrong yang "modern", pada postingan kali ini saya akan mengulas salah satu warung makan dengan menu tradisional khas Jawa. Namanya Warung Handayani. Bagi yang asli Jogja, pasti sudah tidak asing lagi, karena warung makan ini cukup legendaris, konon berdiri sejak tahun 1960an. Warung Handayani menjadi salah satu warung makan legendaris di Jogja yang terkenal dengan menu andalannya yaitu nasi sayur brongkos. Kalau ada yang belum tau brongkos, brongkos adalah salah satu sayur khas Jawa, khususnya Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah kacang tholo, daging sapi dan tahu putih, dikombinasikan dengan bahan campuran bumbu agak pedas dan santan kelapa, sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit rasa pedas dari campuran cabe rawit pada bumbunya.

Tadi siang selepas jalan-jalan di Pasar Beringharjo, saya dan papi Juno mampir ke Warung Handayani yang berlokasi di Jalan Gading No.2 Alkid (Alun-Alun Kidul) Yogyakarta. Sebenarnya sudah lama kami ingin "mencicipi" sayur brongkos di Warung Handayani, namun waktunya yang belum ada untuk ke sana berdua. Dan tadi siang kesampaian juga kami makan di sana. Duhhh, udah puluhan tahun tinggal di Jogja kok ya baru sekarang nyobain sayur brongkros Handayani, kebangetan banget deh. Warung Handayani buka setiap hari mulai jam 07.00 pagi hingga sore hari, dan pengunjung paling ramai saat jam makan siang. 


Brongkos Handayani, Jalan Gading No. 2 Alkid

Ramai saat makan siang
Jam 12.00 tadi kami tiba di Warung Handayani, dan saat itu belum begitu ramai. Kami memilih salah satu meja di dalam warung, karena ada juga meja yang disediakan di luar tapi sudah penuh. Untuk ukuran warung makan yang cukup legendaris, warung ini tergolong sempit. Jadi pengunjung harus rela berbagi meja dengan pengunjung lain, atau kalau memang lagi penuh banget, harus rela menunggu pengunjung yang lain selesai makan. Duh, sampai segitunya ya mau makan brongkos aja? Makin penasaran kan jadinya?


Penggemarnya tua muda

Tuh, ada mas dan mbak bule juga
Selain menu utamanya sayur brongkos, warung ini juga menyediakan menu lainnya, yaitu nasi rames, soto daging sapi, nasi pecel, dan nasi rames dengan berbagai lauk. Tadi siang kami memesan 1 porsi nasi brongkos dan 1 pecel (sudah 2 tahun lebih saya tidak makan nasi, jadi jika berada di warung makan dengan menu utama nasi sayur seperti ini, saya sering bingung mau makan apa, akhirnya saya pesan pecel dan ayam goreng, tanpa nasi). Untuk brongkosnya, seperti biasanya saya bisa "gangguin" papi Juno. Harga menu di warung ini standar, untuk menu makan harga mulai 12 ribuan, harga sesuai dengan lauknya.


daftar menu
Saya memilih pecel dengan lauk ayam goreng. Menurut saya bumbu pecelnya pas banget gurih dan manisnya. Seringkali kalau makan pecel, biasanya racikan bumbunya kurang pas, jadi terlalu asin atau terlalu manis. Tapi bumbu pecel di sini sangat pas, dan bumbunya melimpah, untuk sayurnya menurut saya porsinya cukup banyak, karena saya bisa berbagi dengan papi Juno. Dan untuk sayur brongkosnya, tak salah lagi mengapa warung makan ini sangat legendaris, brongkosnya maknyus banget. Asli bumbunya pas banget, gurih dan tidak terlalu pedas. Selain sayur brongkosnya yang  juga menjadi favorit pengunjung di warung ini adalah tempe mendoannya, gurih dan kemripik alias renyah, dan es campur degan tapenya.


Brongkos koyor 22 ribu
Pecel ayam goreng 18 ribu



Mendoannya gurih dan kemripik banget
Tersedia dalam kemasan kaleng


Kami di sana saat makan siang, sehingga pengunjung cukup ramai, bahkan di antara pengunjung di sana tampak dua orang remaja bule pria dan wanita yang rela mengantri meja untuk menikmati nasi brongkos. Tuhhh, bule aja mbrongkos, masa kita nggak? Di dinding sisi dalam warung ini tampak dipajang beberapa foto tokoh dan artis -artis nasional yang pernah "mampir" ke warung ini. Tuhhh, artis aja mbrongkos, masa kita nggak? Hehehe. Nah, bikin penasaran kan? Daripada penasaran, mending langsung dicobain aja deh. Selamat mbrongkos dan selamat berakhir pekan.

Brongkos Handayani
Jalan Gading No.2 Alkid (Alun-Alun Kidul Yogyakarta)
Utara Plengkung Gading
buka jam 07.00 - sore





3 comments:


  1. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-gondongan/

    ReplyDelete
  2. thank info nya, kunjungi http://bit.ly/2wFUPf3

    ReplyDelete