expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday 18 September 2016

Maafkan Aku Mantan

Sebenarnya apa yang saya tulis ini sudah agak basi sih,udah lewat beberapa bulan lalu,udah nggak kekinian lagi.

Masih ingat kan beberapa waktu lalu sempet rame meme bertema "maafkan aku mantan"?Hampir di semua medsos bertebaran meme-meme dengan tema itu.Kebanyakan meme berisi foto seseorang dulu dan sekarang,dilengkapi tulisan "maafkan aku yang dulu mantan".Biasanya,meme tersebut berisi kolase foto jadul di saat orang tersebut belum cakep,lalu foto sekarangnya diisi foto sekarang,ketika "udah cakep",walau ada juga meme sejenis namun berisi foto lain yang tujuannya cuma buat lucu-lucuan aja.

Banyak orang menjadikan fotonya sebagai meme dengan tema itu dan menjadikannya display picture (DP) bbm,WA ataupun menge-sharenya ke medsos,cewek cowok,tua muda,terinfluence meme tersebut,biar kekinian kali yaaa.Bahkan ada juga lho pencipta lagu dangdut yang terinspirasi meme tersebut dan menjadikannya judul lagu.Indonesia banget ya,apa aja bisa jadi ide bikin lagu atau sinetron,hehehe.

Menurut saya lucu sih meme-meme tersebut.Bahkan saya sempat iseng googling images dengan keyword "maafkan aku mantan",dan banyak sekali meme-meme lucu yang saya temukan,dan memaksa saya untuk ketawa.Ada yang memang serius dibuat dengan memasang foto terbaiknya,namun banyak juga yang dibuat untuk tujuan iseng,sekedar lucu-lucuan saja.Seru juga sih menurut saya. Lalu saya sendiri bagaimana?Hemmm..kebetulan saya tidak "tergoda" untuk bikin meme seperti itu,hehehe.

sumber : www.onsizzle.com
Namun ada satu hal yang cukup menggelitik saya,kenapa meme tersebut hampir semuanya menampilkan perbandingan fisik foto dulu dan sekarang ya,yang tentu saja,foto sekarangnya lebih cakep daripada foto dulu,terlepas itu foto editan,dengan aplikasi beauty plus atau bukan.Lalu apa hubungannya dengan judulnya "maafkan aku yang dulu mantan".Iya,saya sebenarnya paham sih maksudnya,sekedar iseng,buat lucu-lucuan dan seru-seruan aja,cuma saya agak tergelitik aja sih.

Terlepas dari tujuan yang cuma iseng sekedar buat lucu-lucuan,melalui foto tersebut,seolah-olah ada pesan yang ingin disampaikan oleh si pembuat meme kepada sang mantan.Kalo boleh saya simpulkan,kira-kira begini "hei mantan..liat deh gw sekarang,jauh lebih cakep dari gw yang dulu,lu pasti nyesel" atau "hei mantan...dulu emang gw ngga cakep-cakep amat,makanya lu putusin gw,tapi liat gw sekarang,lu pasti nyesel".Kira-kira begitu mungkin ya pesan yang ingin disampaikan si pembuat meme kepada sang mantan.Am I right?

Lalu yang jadi pertanyaan,emang sang mantan bakal nyesel kalo sekarang dia jadi lebih cakep?Emangnya dulu sang mantan ninggalin atau mutusin karena dia ngga atau kurang cakep?Atau lebih ekstrim lagi,emang si mantan masih peduli sekarang dia mau cakep atau nggak?hehehe.

Saya lalu membayangkan seandainya saya bikin meme seperti itu.Kira-kira apa ya komentar sang mantan kalau melihat meme tersebut?Mungkin dia bakal komen begini "halah..lu dari dulu juga begitu,sama aja" atau mungkin begini "udah dehhh..ga usah sok kecakepan".Itulah alasan saya kenapa tidak tertarik untuk bikin meme seperti itu,takut dikomen begitu sama mantan,hehehe.

Tapi fenomena ini beberapa waktu lalu emang sempat booming banget,bahkan hingga mencapai 20ribuan gambar di instagram.Selain meme bertebaran di sosmed,banyak juga hashtag-hashtag bertemakan hal tersebut.Tak hanya populer di kalangan anak baru gede (abg),orang dewasa,bahkan Pak Ridwan Kamilpun tak ketinggalan ikut trend kekinian tersebut dengan mengkolase foto masa lalu dan sekarang lengkap dengan caption lucu ciri khas beliau.

Lalu sebenarnya ini fenomena apa sih?Sindiran buat mantan yang mungkin akan menyesal setelah melihat meme tersebut?Gitu?Atau emang pure buat lucu-lucuan saja?Apapun alasannya,apapun tujuannya,yang jelas fenomena meme "maafkan aku mantan" ini menjadi hiburan tersendiri bagi netizen,termasuk saya.

Past was just past,we have today and tomorrow.Mantan adalah mantan,itu jaman dulu,jaman masih alay,jaman masih labil walaupun sekarang masih sering alay dan labil juga sih kadang-kadang,hehehe),yang kalau diinget-inget malah bikin malu sendiri,hehehe.It was so yesterday lahh.

Saya tidak akan menulis "maafkan mantan" karena memang tidak ada yang perlu dimaafkan.Maaf tulisan saya kali ini agak absurd,hehehe.Have a nice weekend,salam hangat untuk keluarga.





No comments:

Post a Comment