expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 2 December 2017

Kindai, Soto Banjar dan Nasi Kuning Khas Banjar di Yogyakarta


Ngomongin soal kuliner di Jogja kayaknya nggak bakal ada habisnya yah. Dengan mudah kita bisa  menyebutkan nama-nama tempat kuliner di Jogja yang recommended, enak dan harganya terjangkau, karena emang banyakkk bangettt. Nah, kali ini saya juga akan posting salah satu kuliner di Jogja yang recommended, menunya beragam, rasanya enak, tempatnya nyaman, dan yang pasti harganya mahasiswa banget, yaitu Warung Makan Kindai yang berlokasi di Jalan Gejayan, tepatnya di Jalan Jembatan Merah 116D Gejayan. Dari Jembatan Merah, ke timur sekitar 200 meter, pas di tikungan. Nah di situlah lokasi Warung Makan Kindai.



Kindai, Warung Masakan Banjar di Gejayan, Yogyakarta

Sekitar dua minggu lalu saat sedang on duty dengan beberapa teman, kami mampir di sebuah warung makan di daerah Gejayan untuk makan siang, karena memang lokasi yang kami kunjungi waktu itu salah satunya di daerah Gejayan. Teman satu tim merekomendasikan warung makan yang lokasinya tak jauh dari lokasi kunjungan kami yang terakhir hari ini. Teman saya sudah beberapa kali makan di tempat ini. Namanya Kindai. Unik ya namanya. Di papan nama yang terpasang di atas bangunan tersebut tertulis "Kindai, Warung Masakan Banjar".  Yup betul, warung makan ini menyediakan menu khas Banjar. Menu khas Banjar yang saya tau dan cukup populer ya Soto Banjar, tapi itupun saya belum pernah mencicipi. Dan akhirnya kali ini saya bisa mencicipi makanan khas Banjar. Yeiii.




tempatnya bersih dan nyaman
Sekitar jam 12.30 kami tiba di sana. Saat itu pengunjungnya cukup ramai dan kalau dilihat dari penampilannya yang masih unyu-unyu, kebanyakan sih mahasiswa. Tampak beberapa orang sedang mengantri menulis menu di meja order. Seorang teman saya mengambil daftar menu lalu kami memilih meja di samping kiri bangunan utama. Ada dua menu utama yang ada di warung makan ini, yaitu Nasi Kuning khas Banjar dan Soto Banjar. Eiittss, tapi nasi kuningnya beda lohh dengan nasi kuning yang biasa dijual di Jogja. Kalau nasi kuning yang biasa dijual pagi-pagi itu biasanya toppingnya irisan telur dadar, suwiran ayam, kedelai goreng, kering tempe, sambel goreng kentang, dan sayuran, seperti kubis. Kalau Nasi kuning khas Banjar ini toppingnya beda, yaitu sambel goreng hati sapi atau daging sapi. Untuk lauknya bisa memilih telur, ayam, atau keduanya. Selain nasi kuning dan Soto Banjar, ada juga menu sate ayam dan nasi panggang. Dan saya memilih Soto Banjar. Ini juga ada pilihannya, mau pakai nasi atau ketupat.



daftar menu

Walaupun antri, tapi pelayanannya cepat loh, kami hanya menunggu sekitar 15 menit, pesanan kami datang. Taraaa...hemm tampilannya menggoda sekali. Dan ternyata memang benar, sotonya so yummy. Selain suiran ayam, daun bawang, dan irisan wortel, yang membedakannya dengan soto Jawa adalah ada telur ayam di Soto Banjar. Dan menurut saya gurihnya itu lebih "soft" dibanding Soto Jawa yang rempahnya lebih "tajam".
Nahhh berikut penampakan Soto Banjar dan Nasi Kuning khas Banjarnya. Harga Soto Banjar mulai 8rb-16rb/porsi. Nasi Kuningnya mulai mulai 8rb-26rb/porsi tergantung lauknya. Sedangkan sate ayam 13rb/porsi dan ayam panggang 15rb/porsi. Untuk minumannya juga banyak pilihan loh, mau dingin atau panas, mau aneka jus buah atau shake juga ada.


Soto Banjar telur sayap ketupat 16rb

Menurut saya, Sotonya cukup enak, gurihnya pas. Kalau mau asem-asem, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis. Hemmm...pas banget untuk makan siang. Kalau dinilai antara 1-10, nilainya 8 deh.


Nasi Kuning Telur Sambal Goreng Hati Sapi 20rb

Untuk nasi kuningnya karena saya belum mencicipi, soal rasa, menurut teman saya rasanya enak, nasinya gurih, ditambah sambal goreng hati yang pedas, hemmm, maknyus banget deh.  Nahh daripada penasaran, cuss ahh dicobain langsung aja. It's recommended, clean place, delicious foods, and friendly price. Dan satu lagi, tempat parkirnya cukup luas.


Kindai Warung Masakan Khas Banjar
Jalan Jembatan Merah 116D Gejayan, Yogyakarta
Buka jam 08.00- 21.00
Telp (0274) 2920744


1 comment: