expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 20 May 2017

Menembus Beasiswa Unggulan Part#1

Setelah postingan saya minggu lalu soal Beasiswa Unggulan (BU), banyak teman yang WA dan inbox supaya saya share tips-tips untuk mendaftar beasiswa ini. Baca juga :http://ceritamamijuno2.blogspot.co.id/2017/05/when-mommy-back-to-campus-part8.html .Senang karena atensi teman-teman luar biasa, dan yang paling bikin seneng banget, banyak emak-emak seperti saya yang akhirnya termotivasi untuk menjadi pejuang beasiswa. Alhamdulilah :)

Oke, sesuai janji saya kemarin saya akan share tips-tipsnya. Tapi sebelumnya, perlu dicatat ya, apa yang saya tulis ini nggak menjamin temen-temen pasti lolos lho, tapi setidaknya temen-temen punya bayangan kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengikuti seleksi BU ini.

Sebenarnya BU itu apa sih? 

Beasiswa Unggulan adalah beasiswa dari Kemendikbud, untuk masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S1, S2, S3), baik di dalam maupun di luar negeri. Ada tiga macam BU, yaitu BU Pegawai Kemendikbud, BU Mahasiswa Asing dan BU Masyarakat Berprestasi. Untuk yang pertama dan kedua sudah jelas ya. Nah, kalau kalian bukan pegawai Kemendikbud dan bukan mahasiswa asing, berarti kesempatan kalian ada di BU Masyarakat Berprestasi.

Siapa saja yang bisa mendaftar BU Masyarakat Berprestasi?

Beasiswa ini terdiri dari Beasiswa Degree dan Beasiswa Bantuan Non Degree. Beasiswa Degree diperuntukkan bagi yang punya prestasi atau peraih medali/penghargaan, baik tingkat nasional atau internasional di segala bidang. Sedangkan Beasiswa Bantuan Non Degree (Pendaftaran offline) ditujukan bagi guru dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK, pegiat budaya, seniman dan pegiat sosial, KECUALI Dosen. 

Kalau kamu aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan seperti LSM atau NGO gitu, bisa juga loh mendaftar beasiswa ini. Selain itu PNS (selain pegawai Kemendikbud), karyawan swasta, ibu rumah tangga atau wiraswasta yang memiliki prestasi juga bisa mendaftar. Oiya, selain untuk mahasiswa baru, mahasiswa on going juga bisa mendaftar lho, dengan catatan, maksimal semester 3.

Apa saja komponen BU ?

1. biaya pendidikan (tuition fee)
2. biaya hidup
3. biaya buku.

Kalau mau daftar BU Masyarakat Berprestasi, caranya bagaimana?
  1. Pertama baca seluruh informasi, persyaratan dan catat tanggal-tanggal pentingnya. Silahkan cek website resmi BU di sini http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/beasiswa/beasiswa-masyarakat-berprestasi
  2. Baca juga Frequently Asked Question (FAQ)
  3. Membuat akun di web pendaftaran melalui http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/
  4. Setelah membuat akun, aktivasikan akun melalui email yang dikirim oleh BU ke alamat email yang digunakan untuk membuat akun.
  5. Login dan melengkapi seluruh form yang ada, tapi ingat JANGAN klik tombol submit sebelum dipastikan bahwa semua form terisi lengkap dan benar, karena setelah klik tombol submit, isian form tidak bisa diubah lagi.

Kapan BU Masyarakat Berprestasi dibuka lagi?

Setiap tahun BU dibuka dalam 2 batch. Tahun ini batch 1 baru saja selesai, dan batch 2 akan dibuka lagi dengan jadwal sebagai berikut:

Pendaftaran : 1 Juni - 31 Juli 2017
Seleksi administrasi dan wawancara : 1 Agustus - 31 Agustus 2017
Pengumuman : 1 September 2017

Waktunya masih lumayan panjang, jadi mulailah siapkan semua persyaratannya.

Apa saja yang disiapkan?

Berikut ini dokumen yang harus disiapkan:
1. KTP
2. KTM (khusus mahasiswa on going)
3. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional (atau surat keterangan aktif kuliah)
4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (untuk mahasiswa on going)
5. Ijazah dan transkrip nilai terakhir
6. Sertifikat  TOEFL ITP 500/IBT 61/IELTS 5.5 (untuk mahasiswa S1 tidak wajib)
7. Proposal rencana studi
8. Surat rekomendasi (bisa dari kampus atau instansi tempat bekerja)
9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis (didownload di web)
10. Sertifikat prestasi
11. Essay sebanyak 3-5 halaman

Semua dokumen di atas di scan warna, dalam format pdf dengan size max. 2 MB. Jika melihat syarat-syarat di atas, ada syarat LoA, ini berarti pelamar HARUS SUDAH DITERIMA di salah satu Universitas, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan syarat akreditasi universitas minimal B, atau jika pelamar adalah mahasiswa on going, ditunjukkan dengan KTM atau surat keterangan aktif kuliah, dan KHS terakhir. 

Salah satu yang menarik dari BU ini adalah bahwa kita bisa memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat kita. Jadi bagi yang ingin mendaftar BU pada batch 2 tahun ini, segera saja mendaftar di universitas-universitas yang memenuhi syarat (akreditasi B).

Selain LoA, dokumen lainnya yang juga harus disiapkan adalah sertifikat TOEFL ITP/IBT/IELTS dengan skor minimal yang sudah ditentukan. Kalau belum punya atau skornya belum mencapai skor yang ditentukan, ayo coba lagi sampai dapat, masih ada waktu 2 bulan kok untuk ngejar :)

Bagaimana jika Skor TOEFL belum memenuhi syarat?

Ini merupakan salah satu utama untuk mendaftar BU, jadi usahakan skor memenuhi syarat. Waktunya masih cukup kok untuk mengejar :)

Proposal rencana studi itu seperti apa?

Isinya kurang lebih tentang rencana perkuliahan hingga selesai, berapa sks per semester, mata kuliahnya apa saja yang diambil, rencana mau ambil konsentrasi apa, mengapa memilih konsentrasi tersebut, rencananya mau nulis sktipsi/tesis/disertasi tentang apa, mengapa memilih itu topik itu, dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk studi (SPP, biaya hidup, biaya buku). 

Selain itu juga perlu diceritakan aktivitas selain kuliah, bagaimana implementasi hasil studi dan apa kontribusi untuk masyarakat. Intinya, selain rencana perkuliahan, jelaskan alasannya memilih jurusan tersebut dan yang paling penting adalah kontribusi apa yang bisa kita berikan bagi masyarakat.

Sertifikat prestasi apa saja yang bisa digunakan untuk melamar BU?

Kalau kalian memiliki prestasi atau pernah memenangkan kejuaraan, baik tingkat nasional atau internasional, sudah pasti itu bisa banget digunakan. Nah kalau tidak memiliki prestasi nasional atau internasional bagaimana? Well, menurut saya, pada dasarnya prestasi itu tidak melulu disimbolkan dengan memenangkan suatu kejuaraan atau mendapatkan medali. Jadi, kalau memang tidak ada sertifikat kejuaraan, bisa gunakan sertifikat lain yang dimiliki, tentu saja yang relevan, misalnya pernah mengikuti pelatihan A, workshop B, pernah aktif di organisasi C. Sekali lagi ini hanya saran saya pribadi ya. Intinya pokoknya yakin sajalah, namanya juga usaha, ya 'kan :) 

Kemarin waktu mendaftar pada batch 1, saya menggunakan 3 sertifikat, 2 sertifikat sebagai presenter dalam international conference dan 1 sertifikat tesis terbaik. Untuk sertifikat sebagai presenter dalam international conference, walaupun tidak masuk kategori paper terbaik, tapi sertifikat tetap saya masukkan, dan sertifikat yang terakhir, hanya tingkat universitas, bukan nasional apalagi internasional. See? Yang penting yakin sajalah pokoknya :)

Surat Rekomendasi dari mana?

BU menerima surat rekomendasi dari kampus atau dari instansi tempat bekerja. Jadi bagi mahasiswa baru, bisa meminta rekomendasi dari dosen sebelumnya, bagi mahasiswa on going bisa meminta rekomendasi dari kampus yang sekarang. Atau yang bekerja bisa juga meminta rekomendasi dari atasan di instansi tempat bekerja. Tidak ada format khusus dari BU, untuk contoh-contohnya bisa dicari via googling atau dengan senang hati saya akan memberikan contohnya jika ada yang membutuhkan.

Essay itu isinya apa saja?

Ceritakan tentang diri kita, siapa kita, keluarga, aktivitas, motivasi kita melanjutkan studi dan melamar beasiswa ini, prestasi, apa yang akan kita lakukan setelah lulus, cita-cita, hal-hal positif yang kita lakukan, dan yang paling penting, mengapa kita layak mendapatkan beasiswa ini. Pesan saya, ceritakan  diri kita apa adanya, nggak usah lebay, apalagi pakai drama segala, hehehe. Perlu dicatat, karena ini adalah "lamaran" maka tunjukkan sisi positif diri kita apa adanya.

Setelah semua syarat di upload, apa yang harus dilakukan?

Cek ulang setiap dokumen yang sudah diupload dan pastikan semuanya sudah benar. Kalau sudah benar, jangan lupa klik tombol "submit". Artinya kita sudah mendaftar BU, dan dokumen yang sudah kita upload tidak dapat diubah lagi. Satu lagi, ingat tanggalnya, jangan sampai kelupaan dan ternyata tanggalnya sudah lewat, hehehe. Setelah submit, sehari kemudian kita akan menerima email dari BU yang menginformasikan bahwa pendaftaran kita sudah diterima, dan tunggu sekitar 1 minggu kemudian pengumuman hasil seleksi administrasi melalui email dan website. Kalau lolos seleksi administrasi, kalian akan memperoleh email seperti di bawah ini dan siap-siap untuk mengikuti tes wawancara. Sabar ya, tips-tipsnya akan saya share di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat, selamat berjuang ya adek-adek dan teman-teman semua. Happy weekend.



66 comments:

  1. Terimakasih kak infonya sangat membantu. Saya mau tanya kak kalau misalnya udah mencapai batas waktu mendaftar tetapi salah syarat contohnya TOEFL dibawah 500 apakah masih bisa dipertimbangkan mendaftar? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau toefl sepertinya harus sesuai syarat yang diminta dek, tapi tidak ada salahnya dicoba dulu kan?sukses yaa :)

      Delete
  2. Kak kalo masih maba lulusan SMA blm bisa daftar berarti? Yang dimaksud mahasiswa baru disini itu gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusan SMA bisa dek, tapi syaratnya harus sudah diterima sebagai mahasiswa baru S1, di PTN/PTS dgn akreditasi minimal B, ditunjukkan dengan surat keterangan diterima (LoA) atau bisa juga mahasiswa on going (sedang kuliah) maksimal semester 3. BU ditujukan untuk mahasiswa S1, S2, S3.

      Delete
  3. sa;am kenal amih juno, saya Novi ibu anak 1, jujur pas baca ini saya berasa ada temannya.
    saya sudah lolos s2 di UPI artinya LOA sudah ditangan,dan berencana ikut yang batch 2 tp saya melakukan kesalahan yaitu klikk tombol sumbit (karena update data di hp, layout nya ngejebak banget, submit dan save nya tombolnya deketan, beda dengan layout BU di Pc kan terpampang nyata)

    sudah sial lah ini kategorinya yaaa..tp sy ga putus asa, sy email biro beasswanya, blm dibalas (lg libu rlebaran sy maklumin), akhisrnya saya samperin lah langsung ke kemendikbud di senayan, dan menemukan jawaban yg tidak memuaskan bahwa
    "ayng sudah tersbumit ga bisa di edit/diubah/ditambahin, jadi sumbit ya submit, kumpulin! berarti sy mengumpulkan sesuatu yang belum selesai/sempurna"


    hiksss hancur bangeetttt rasanya mihhh,,rasanya kaya mau loncat dari kasur menuju dapur, langsumng masak indomi cabe pedeeeeessssssss


    cm saya akui ini keasalahan saya jg teledor saya klik submit (kejebak sama tombol save), tapi amsa iyaaa ga ada ampunan sama sekali hikkksssss sedih bangetttttttt


    aku boleh minta emailnya amih ga? untk komunikasi kita

    ini email saya mih noviani.utami@gmail.com

    barangkali ami mau email saya duluan sekedar utk merekadakan sedihnya saay.

    btw ini saya ketik ini di depan biro beasswa di lt,6 kemendikbud lohh, saya sedih banget asliii denger jawaban yang td.

    sy disarnkan ikut yang batch 1 thn depan aja, denganpersiapann yang lebih matang, harusnya bisa (btw, toefl saya jg ga sampe 500 sihh mih,cm saya mau nekat aja kali aja lolos, ehhhh dengan kekuatan tombol submit punahhhh sudahhhh harapan itu,hahahahahah)

    saya mengeliminasi diri saya sendiri



    ami juno maafa ya panjang banget nulisnya, semoga berkenan dengan sharing saya ini dan saya tunggu balasan ami juno yaaaa.

    sukse sterus kuliahnya yaa mi :)

    ReplyDelete
  4. Halo sis Novi...senang dengernya ada emak-emak seperti saya yang masih punya semangat belajar lagi. Duhh saya ikut sedih sis dengernya. Sayang sekali ya. Padahal sebenarnya submitnya tak perlu buru-buru gpp lho. Ya paling ngga seminggu sebelumnya lah. Kemarin saya malah submit di hari terakhir, karena memang saya ingin memastikan dokumen yang lengkap dan benar. Okey, gpp sis anggap ini sebagai pelajaran, ambil hikmahnya. Coba lagi tahun depan, sambil nyiapin TOEFL. Dan saran saya jangan update data di hape, tapi di PC saja untuk menghindari salah klik. Ini email saya : henywidia2016@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Terimakasih kak untuk informasinya, mau tanya untuk serifikat walaupun hanya peserta gitu ndakpapa ya kak? Soalnya jujur ndak pernah dpt sertifikat kejuaraan selama ini jadi ragu" mau daftar. Oh ya kak kalau boleh liat surat rekomendasinya seperti apa kak? Dan untuk proposal kira" susunannya seperti apa? Terimakasih
    Email sya : ekapratiwi449@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, sertifikat apapun yang kamu punya di upload aja, asal relevan, misalnya pernah ikut seminar, workshop, pelatihan atau pernah jadi anggota organisasi apa gitu, atau panitia acara apa, dimasukkan saja. Oke nanti ku kirim ya contoh proposalnya.

      Delete
    2. Terimakasih banyak kak:)

      Delete
    3. kak, mohon send proposalnya juga ya ke habibi.elly15@gmail.com thanks bgt yaa kak

      Delete
    4. assalamu alaikum, mohon maaf sebelumnya kak,
      kak bisa minta tolong send contoh surat rekomendasi? di email: imhafathimah6@gmail.com
      terima kasih

      Delete
    5. Mhon maaf mb sblumnya, bsa tlong kirimkan contoh proposal rencana studi dan essay beasiswa unggulan ke email eko.wanidison@gmail.com, thanks ya mb sblumnya..

      Delete
    6. Mhon maaf mb sblumnya, bsa tlong kirimkan contoh proposal rencana studi dan essay beasiswa unggulan ke email eko.wanidison@gmail.com, thanks ya mb sblumnya..

      Delete
  6. Wahh infonya bermanfaat pisaan

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas infonya kak. Kebetulan saya baru lulus s2 UNP. Kalau boleh send essay sama rancangan selama kuliahnya dong kak. Sekalian surat rekomendasinya juga kalo boleh. Kirim ke email saya y kak lailahidayati23@gmail.com
    Makasi kak

    ReplyDelete
  8. waahh.. menginspirasi sekali. saya akan mendaftar untuk s1 nih mbak.. mohon doanya ya hehe.. oya, saya masih kebingungan dengan esainya nih..

    ReplyDelete
  9. assalamu'alaikum Bu.. untuk mahasiswa baru, sebaiknya proposal kelanjutan studynya seperti apa nggih? bisa minta kirimkan contoh proposal dan essay ke email saya, bu? lussydyahhapsari09@gmail.com
    atas segala ilmunya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum mbak, perkenalkan,nama saya rinda.
    menginspirasi sekali isi blognya mbak. membuat saya semangat untuk terus mengejar nilai TOEFL ITP Minimal 500. yg saya punya, hanya toefl ETP yg skornya diatas 500.tapi tidak sesuai syarat mungkin ya.kan minimal toefl itp yg diperlukan ya:-(

    oiah mbak, aku boleh ga? minta tolong dikirimkan contoh essay, proposal studi, sama contoh surat rekomendasi mbak heny seperti apa?
    jika diperkenankan,ini alamat email saya mbak:

    rindakhalisya@gmail.com

    maaf ya mbak ngerepotin bacanya.
    terima kasih sudah berbagi cerita :-)

    ReplyDelete
  11. Devi Purnamasari7/19/2017 9:53 pm

    Terimakasih Bu atas informasinya. Bu, bolehkah saya melihat contoh proposal dan essay Ibu, kalau boleh tolong kirimkan ke email ini dev.purnamasari@gmail.com . Terimakasih atas perhatiannya. Informasi yang sangat bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum
    Mba Widia, untuk menambah referensi saya dalam membuat esai dan rencana studi, boleh saya lihat punya mba? Jika berkenan, ini email saya soffatulfuadiyyah@ymail.com
    Nuwun...
    Btw, isi blognya bermanfaat sekali mba (y)

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. for any inquiries, please email me.thxs

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Mbak. Aku juga minta contoh essay ya. Mudah mudahan berkenan. Email nayyifsujudi991@gmail.com makasih mbk.

      Delete
  15. Jika ada keperluan, silahkan email. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. mba, aku bisa minta contoh proposal sama essay ga? kirim ke email annisatenri@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
  17. Selamat malam ka, kalau kaka berkenan, saya minta proposal rencana studi dan essay kaka ya dikirim ke email saya uptouwaelah@gmail.com
    terima kasih^^

    ReplyDelete
  18. Thanks infonya, mba, tapi kalau masih SMA, ambil surat rekomendasi nya dari mana? Kan belum ada dosen.

    ReplyDelete
  19. Jika ada keperluan, silahkan kirim email, dengan menyebutkan nama lengkap, asal, jurusan dan universitasnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak, boleh saya minta proposal rencana studi dan essaynya? saya Aulia Salsabella, asal dari Semarang, fakultas ilmu dan teknologi kebumian di ITB. emailnya bellakbs@gmail.com terima kasih banyak:) jazakallah

      Delete
  20. Mbak, saya sylvi meidika zainal, asal dari pekanbaru, jurusan agribisnis fakultas pertanian di UR. Bisa kirim contoh proposal rencana studi nya gak mbak? kirim ke email sylvimeidikazainal98@gmail.com . Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum kak….kak bisa saya sudah mendaftar beasiswa unggulan batch 2 tahun 2017 dan berkas saya sudah hampir beres, sisa essaynya yg membuat saya bingung….kak bisa minta contoh essaynya nggak ? Kalau bisa kirim ke email saya yah kak
    wijayaagung065@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum kak, saya kan MABA tahun in, saya bingung sama Surat pernyataan,Surat rekomendasi, essay, sama proposal rencana study.Kalau boleh kimim contohnya ke email saya ya kak? zakiyyahmaghfiroh@gmail.com

    Trimakasih

    ReplyDelete
  23. Berhubung banyaknya respon pada artikel ini, jika ada keperluan, silahkan kirim email, dengan menyebut nama, asal, jenjang pendidikan S1/S2/S3, jurusan, universitas. Terima kasih atas responnya.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  25. Oh ya ka, saya ingin bertanya. Jika prestasi yang ada adalah tingkat jabodetabek dan karawang apakah bisa digunakan?

    ReplyDelete
  26. Salam kenal ka. Terimakasih atas informasinya mengenai BU. Saya Farah dari Cikarang. Kebetulan saya sudah mendapatkan LOA conditional dari UCL.

    Mohon mengirimkan contoh essay dan proposal penelitian ke email saya noviafarah93@gmail.com.

    Terimakasih ka

    ReplyDelete
  27. Salam kenal ka. Terimakasih atas informasinya mengenai BU. Saya Farah dari Cikarang. Kebetulan saya sudah mendapatkan LOA conditional dari UCL.

    Mohon mengirimkan contoh essay dan proposal penelitian ke email saya noviafarah93@gmail.com.

    Terimakasih ka

    ReplyDelete
  28. Hay mba, Aku fatimah s2 unpad, ada beberapa pertanyaan yg aku mau tanyai skalian minta essay mba boleh? ini emailku, sitifatimah9993@yahoo.com
    terimakasih.

    ReplyDelete
  29. Jika ada keperluan, silahkan kirim email, thxs

    ReplyDelete
  30. Ka, makasih banget lho informasinya.. mau tanya, yang non degree itu harus guru PAUD-SMA, pegiat sosial seni budaya kah? Aku minat pengin memperjuangin beasiswa ini untuk s2. tp aku bukan guru ataupun penggiat seni soaial maupun budaya.. ada solusi ka? nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk don degree sudah ada ketentuannya seperti tersebut. Kalau di luar itu, kamu bisa masuk kategori umum.

      Delete
  31. Wah, ada to kategori umum? Ya ya, makasih buk :)

    ReplyDelete
  32. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  33. Jika ada keperluan, silahkan kirim email dengan menyebutkan nama lengkap, asal, jurusan, universitas, dan jenjang study (S1,S2,S3), terima kasih :)

    ReplyDelete
  34. Boleh kirim juga mbak sya jhoni warmansyah asal jakarta, S2 PAUD UNj
    Mohon kirim essay dan proposal nya jg ya mbak saya mau lanjut s3,, smga d balas kebaikan kembali

    ReplyDelete
  35. Boleh kirim juga mbak sya jhoni warmansyah asal jakarta, S2 PAUD UNj
    Mohon kirim essay dan proposal nya jg ya mbak saya mau lanjut s3,, smga d balas kebaikan kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim email ke alamat email di halaman depan blog saya. terima kasih.

      Delete
  36. kak saya rabiah, saya boleh minta essay dan proposalnya juga ya kak. rabiahsiregarr@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim email ke alamat email yg tertera di halaman awal blog ini.

      Delete
  37. maaf kak, jika berkenan sya ingin meminta contoh teks essay dan proposal saja untuk acuan penyusunannya saja. terimakasih,
    farhanazzahrowani@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Maaf kak. Jika berkenan saya juga ingin meminta essay dan proposal kakak sebagai referensi dalam penyusunannya. Terima ksih kak

    ReplyDelete
  39. Mohon kirim ke email ya kak. lestariak3@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kirim email ke alamat yang tertera di halaman awal blog ini.

      Delete
  40. Berhubung banyaknya respon pada artikel ini, jika ada keperluan, silahkan kirim email, dengan menyebut nama, asal, jenjang pendidikan S1/S2/S3, jurusan, universitas. Email tertera di halaman awal blog ini. Terima kasih atas responnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mba Heny,

      perkenalkan saya Danu, asal Kebumen, saya lulusan S1 Desain Produk Universitas Esa Unggul. Saya kan mau daftar beasiswa S2 BU batch 1 2018. sebagian besar persyaratan sudah saya siapkan. kalo boleh request mba Heny, saya minta tolong kirimkan contoh proposal rencana studi dan essay karena masih rada samar. saya sudah kirim email juga. terima Kasih

      Regards,
      Danu

      Delete
  41. kak kalo boleh mau lihat rfrensi essay dan propsalnya kak. kalo kakak mau kirim ke ratna.kurniasari.rk4@gmail.com terimaksi yaa kak

    ReplyDelete
  42. assalamu'alaikum Bu.. untuk mahasiswa baru, sebaiknya proposal kelanjutan studynya seperti apa ya bu? Kalau ibu berkenan bisa minta kirimkan contoh proposal dan essay ke email saya, bu? xxyulianasiska@gmail.com
    atas segala ilmunya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  43. sangat membantu kak, klo boleh krim proposal dan essaynya yaa kaka sebagai referensi, email saya azizahnrl34@gmail.com, makasih banyak kak

    ReplyDelete
  44. ka sem 4 boleh ikut tidak

    ReplyDelete