expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 9 July 2016

Tempat Makan Favorit (Part 2) # Bakmi Jawa Pak Tono Jalan Munggur Jogja

Ngomongin soal makanan, udah ga dipungkiri lagi kalo Jogja itu surganya makanan enak dan murah.Murah lho ini,kalo yang enak sih di mana-mana juga banyak, tapi kalo yang murah?Ya cuma di Jogja. Bayangin aja dengan uang seribu perak aja kita masih bisa bisa makan nasi bungkus angkringan ato yang biasa dikenal dengan nasi kucing, tambah 500 perak bisa dapet 1 biji gorengan, ato sate usus, sate ati ayam, ato sate telur puyuh seharga 1.500 sampe 2.500, es teh ato es jeruk 2.000. Dengan merogoh 10.000 perak udah bisa tuh buat makan berdua, ya cuma di Jogja.

Salah satu makanan yang jadi favorit kalo berkunjung di Jogja adalah Bakmi Jawa. Kalo di kota lain, Bakmi Jawa agak sulit ditemui.Tapi kalo di Jogja, wahhh ada ratusan ato bahkan ribuan kali penjual bakmi Jawa.Banyak sekali Bakmi Jawa yang namanya melegenda.Ada Bakmi Pak Pele, Bakmi Mbah Mo, Bakmi Mbah Hadi Terban dan Bakmi Jawa Pak Rebo. Tapi sebenarnya Bakmi Jawa itu yang seperti apa sih?Istilah Bakmi Jawa atau Mi Jawa awalnya adalah untuk menyebut bakmi rebus(Bahasa Jawa : Bakmi Godhog) yang dimasak dengan bumbu khas masakan Jawa. Namun sekarang istilah Bakmi Jawa tidak hanya untuk menyebut bakmi godhog atau rebus saja, tapi juga bakmi goreng atau mi goreng yang merupakan variasinya.

Bakmi Jawa dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api dari arang.Meskipun banyak pembeli yang memesan,juru masak tidak memasak semua pesanan dalam satu wajan besar, melainkan bahan dan bumbu diracik satu persatu.Pesanan dimasak satu porsi demi satu porsi di dalam wajan kecil.Ciri khas lainnya Bakmi Jawa adalah adanya suwiran ayam kampung dan telur ayam atau bebek ke dalam masakan (sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Bakmi_Jawa)

Di postingan kali ini saya ingin share Bakmi Jawa langganan saya, namanya Bakmi Jawa Pak Tono.Emang sih tidak sepopuler Bakmi Jawa yang nama-namanya saya sebut di atas, tapi rasanya ga kalah lho dengan yang melegenda tadi.Bakmi Jawa Pak Tono, berlokasi di Jalan Munggur,di seberang pom bensin Jalan Munggur, kalo lewat Jalan Solo dari arah timur, masuknya lewat samping bioskop XXI ke selatan mentok sampai Jalan Munggur, ke utara ato kiri sekitar 100 meter, kiri jalan.Jalan Munggur adalah jalan searah, jadi mau ga mau cuma bisa lewat dari arah selatan.Bakmi Pak Tono berada di depan sebuah Taman Kanak-Kanak (TK) dan bagi pelanggan yang ingin makan di situ, tikar untuk lesehan digelar di teras TK tersebut.Seperti kebanyakan Bakmi Jawa yang lain, Bakmi Pak Tono buka menjelang magrib, sekitar jam 17.30.
Bakmi Munggur Pak Tono
Saya sudah menjadi langganan Bakmi Pak Tono dari tahun 2007an.Waktu itu yang mengenalkan adalah teman saya yang namanya Wiwit (Haiii wit, apa kabar?).Waktu itu kalo ga salah saya pesan capcay kuah.Yang khas dari capcay Pak Tono adalah di capcaynya dikasih irisan tepung kayak bakwan gitu, ato kalo di Jogja disebut Capjae.Capcay kuahnya cocok banget sama lidah saya.Saya inget banget waktu itu temen saya, Wiwit pesan bakmi goreng lalu tambah nasi goreng,hehehe.

capcay goreng
Itulah awal perkenalan saya dengan Bakmi Jawa Pak Tono,dan setelah itu resmilah saya menjadi pelanggan setia, dari jaman belum punya pacar, lalu pacaran, sampai akhirnya nikah, hingga sekarang saya adalah pelanggan setianya.Kira-kira udah 8 tahunan lah.Sebulan sekali minimal saya menyempatkan makan di sana bersama keluarga, bahkan Ibu saya ketagihan.Favorit Ibu adalah Bakmi Godhog atau rebus.Kata beliau,Bakmi Jawa yang paling enak ya Bami Pak Tono.Kalo Suami saya favoritnya capcay kuah,sedangkan saya dan Juno paling sering pesan Bakmi Goreng, kadang-kadang saya minta ditambah "balungan" ato tulang ayam.Oiya ada juga menu rica-rica ayam yang rasanya juga juara.Cukup dengan merogoh kocek ga lebih dari 15ribu/porsi, kita udah kenyang bingit lah pokoknya.Walaupun dari rumah kami jaraknya cukup jauh,sekitar 35 menit berkendara,no problemo lah.


Bakmi goreng plus "balungan"

Bakmi godhog
Ternyata Bakmi Pak Tono ini bukan cuma favorit keluarga saya.Ketika saya ngobrolin soal Bakmi Jawa dengan beberapa teman,ternyata beberapa teman saya juga merupakan pelanggan Pak Tono.Bahkan beberapa kali ketika saya makan di sana, saya bertemu dengan tokoh penting di Jogja,ternyata beliau juga pelanggan setia Bakmi Pak Tono....hemmm,pasti Anda jadi penasaran kan dengan Bakmi Pak Tono...silahkan mencoba.




1 comment: