expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Saturday 8 July 2017

Sepuluh Bakso Enak di Yogyakarta

Jika kalian penggemar bakso, berarti kita harus tos dulu. Yup, saya adalah penggemar bakso. Tidak hanya mudah ditemui, bakso merupakan makanan yang cocok dimakan kapan saja, mau siang atau malam, kalau ada yang ngajakin makan bakso, ayo aja deh. Saat lagi pengin makan kuah-kuah panas dan pedes gitu, biasanya saya juga langsung cari bakso. Kuah panas, sambalnya banyak, mantap banget deh pokoknya, kalau bahasa Jawanya "kemepyar", hehehe. Ngomongin soal bakso, di Jogja ada banyak bakso enak, mulai dari gerobak dorong yang mangkal di suatu tempat, warung sempit di pinggir jalan, ruko, hingga mall. Harganyapun bervariasi, dari 8 ribuan hingga 20 ribuan. Berikut ini saya akan rangkum warung bakso di Jogja yang enak yang sudah saya coba, yang mungkin bisa dijadikan referensi. Check this out.

1.Bakso Gress
Ini termasuk bakso favorit saya. Memiliki beberapa gerai di Jogja, Bakso Gress termasuk salah satu bakso yang populer di kalangan masyarakat Jogja. Gerai yang pertama kayaknya yang di Galeria. Saya pertama kali mencoba ketika ada cabangnya di dekat kantor, kemudian jadi sering makan bakso Gress saat mulai kuliah lagi, karena di kantin kampus juga ada gerai Bakso Gress. Yang menarik dari Bakso Gress adalah  di sini tersedia banyak varian bakso, seperti bakso halus, bakso urat, bakso ikan, bakso telur dll, juga tersedia pilihan selain bakso, seperti siomai, tahu dan pangsit. Selain itu tidak seperti warung bakso kebanyakan, disini pembeli bisa memilih sendiri jenis bakso yang diinginkan. Dengan kuah yang gurih dan selalu panas, Bakso Gress menjadi salah satu bakso yang harus dicoba. Setau saja, Gerai Bakso Gress ada di Galeria Mall Lantai 1, Jalan Raya Tajem Maguwoharjo, dan Kantin Fisipol UGM, dengan harga mulai 5 ribuan/biji.

2.Bakso Idolaku
Karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari kantor, Bakso Idola menjadi salah satu menu makan siang andalan saya. Bakso Idola juga termasuk salah satu bakso yang populer di Jogja, tak heran jika pengunjungnya selalu ramai. Selain rasanya yang enak, di sini pembeli diberikan banyak pilihan menu, tidak hanya bakso, tapi juga ada mie ayam atau mie ayam bakso, juga es dawet dan es campur. Menu andalannya adalah bakso rusuk, yaitu semangkuk bakso yang dilengkapi dengan beberapa potongan tulang rusuk sapi, hemm nyam-nyam banget deh pokoknya. Dengan harga mulai 12 ribu/porsi, Bakso Idolaku bisa dicicipi di Jalan Laksda Adisucipto (pertigaan bandara) dan Jalan Tamansiswa No.138 Yogyakarta. 

3.Bakso Tengkleng Mas Bambang
Saya baru sekali mencoba bakso ini, tapi kayaknya saya bakalan sering-sering ke sana lagi. Saat ke sana saya mencoba menu bakso super, karena pada saat itu sudah agak malam, jadi menu yang tersisa hanyalah bakso super. Saya memesan bakso super kuah yang berisi 2 butir bakso urat dan 2 butir bakso halus. Sesuai dengan tagline nya yaitu 97% daging dan 3 % tepung, terasa sekali serat dagingnya yang padat. Dengan kuah yang gurih dan panas, Bakso Tengkleng Mas Bambang sangat recommended untuk dicoba. Harganyapun cukup terjangkau, mulai 14 ribu/porsi. Setau saya gerainya ada di Jalan Menukan No.4, Jalan Monjali No.80 dan Jalan Gejayan.

4.Bakso Kota Cak Man
Dengan konsep yang hampir sama dengan Bakso Gress, yaitu self service dan banyak pilihan menu, Bakso Kota Cak Man bisa dibilang berbeda dengan bakso Malang lainnya. Kalau bakso Malang biasanya tidak banyak variannya, Bakso Kota Cak Man menawarkan banyak varian seperti bakso halus, bakso kasar, bakso goreng, bakso puyuh, bakwan goreng, pangsit goreng, siomay, tahu goreng, tahu putih, bihun dan mie kuning. Dengan kuah yang gurih dan bawang goreng yang sangat terasa, membuat Bakso Kota Cak Man menjadi perpaduan yang sempurna antara kuah dan bakso. Dengan harga mulai 5 ribuan/biji, Bakso Kota Cak Man bisa dicicipi di Lantai 2 Jogja City Mall dan Transmart Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta.

5.Bakso Jawi 
Salah satu bakso yang populer di Yogyakarta, yaitu Bakso Jawi. Bisa dikatakan Bakso Jawi adalah bakso tradisional, karena tidak menawarkan banyak varian seperti bakso modern yang ada saat ini, di Bakso Jawi hanya ada bakso halus (polos), bakso urat, dan bakso goreng. Meskipun demikian, rasanya tidak kalah dibandingkan bakso-bakso modern yang ada. Baksonya kenyal dan terasa sekali dagingnya, dikombinasi dengan kuah yang gurih, dan bakso goreng yang kemripik, Bakso Jawi menjadi perpaduan yang sangat sempurna. Dengan harga mulai 14ribu/porsi, Bakso Jawi bisa dicicipi di beberapa gerainya, yaitu Jalan Sultan Agung (depan Superindo Bintaran), Jalan Gedong Kuning Selatan No.131 Rejowinangun dan Jalan Jogonegaran 55B Pringgokusuman (barat Malioboro) Yogyakarta.

6. Bakso Pak Jam Ironayan (Bakso Ngipik)
Untuk mencicipi bakso yang satu ini, kita harus rela untuk blusukan. Kok blusukan sih? Iya, karena Bakso Ngipik letaknya cukup ndelik alias tersembunyi. Meskipun demikian, jangan heran jika warung bakso yang ndelik ini selalu ramai pengunjung, soalnya memang enak banget sih. Baksonya yang kenyal dan lembut, sangat pas dengan kuah panasnya yang mongah-mongah, ditambah bakso gorengnya yang kemripik, perpaduan yang sangat sempurna. Warung bakso ini sudah berdiri sejak 1985 loh, walaupun warungnya terletak di dalam desa, namun pengunjungnya tidak hanya berasal dari desa sekitarnya saja, namun dari seluruh penjuru Jogja, seperti saya. Beberapa kali saya mplipir makan siang berdua dengan papi Juno di warung bakso ini, dan beberapa kali saat libur kami juga pernah jauh-jauh ke Ngipik hanya untuk makan bakso ini. Hemm, kebayang kan enaknya. Kalau penasaran dengan Bakso Ngipik yang ndelik ini, silahkan dicoba, alamatnya di Dusun Ironayan, Ngipik, Banguntapan, Bantul. Dari perempatan ringroad Ngipik ke timur hingga pasar Ngipik baru, ada Masjid belok kanan, tepat di samping Masjid, buka setiap hari pagi-malam kecuali hari Jumat. Harganya terjangkau kok, hanya 12 ribu/porsi, tunggu apa lagi?

7. Bakso Iso Sarjono Lempuyangan
Kalau bakso yang ini, papi Juno yang mengenalkannya kepada saya, sejak jaman pacaran dulu, hingga kini menjadi salah satu warung bakso favorit keluarga. Sesuai dengan namanya, yang unik dari bakso ini adalah selain baksonya yang lembut, kuah yang panas mongah-mongah, bakso ini dilengkapi potongan iso sapi yang membuat bakso Iso Sarjono semakin mantap. Selain itu masih ada bakso gorengnya juga, nyam nyam...bayangin aja udah bikin ngiler 'kan? Saya agak lupa harganya, tapi seingat saya sekitar 12 ribu/porsi. Penasaran dengan bakso Iso ini, silahkan dicoba di depan Alfamart Lempuyangan, bukanya sore-malam ya.

8. Bakso Pak Narto
Yang ini pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jogja, karena cabangnya cukup banyak, sekitar 6 cabang yang terletak di tempat-tempat strategis. Selain bakso, warung bakso ini juga menyediakan menu mie ayam dan soto. Dengan bakso yang kenyal dan lembut, dikombinasikan dengan kuah panas yang gurih dan menggugah selera, tidak heran jika Bakso Pak Narto menjadi salah satu warung bakso favoritnya masyarakat Jogja. Selain itu harganya juga terjangkau, mulai 8 ribu/porsi, pas banget dengan kantong mahasiswa, dan tempatnya yang tergolong bersih membuat Bakso Pak Narto selalu ramai pengunjung. Alamatnya: Jalan Gejayan No.16, Jalan Nusa Indah No. 60 Condong catur, Jalan Kaliurang Km.6.5 Kentungan, Jalan Kaliurang Km.10 Gentan, Jalan Colombo No. 8 Samirono Baru, Jalan Monjali, dan Jalan Raya Manukan 194D Condong Catur, Yogyakarta.

9. Bakso Urat Arema Jalan Cikditiro
Awalnya saya penasaran setiap dari kampus dan melewati warung bakso ini selalu ramai pembeli, hingga akhirnya saking penasarannya saya menyempatkan mampir untuk mencicipi bakso yang pembelinya rela berdesak-desakan ini. Namanya Bakso Urat Arema yang berada di Jalan Cikditiro atau lebih dikenal sebagai Bakso Arema Cikditiro. Bakso uratnya kenyal dan empuk. Aroma bawangnya sangat kuat di kuahnya yang gurih. Seperti bakso Malang lainnya, bakso ini juga dilengkapi dengan bakso goreng dan pangsit goreng yang renyah dan kemripik, membuatnya menjadi paduan yang sangat sempurna. Dengan harga 10 ribu/porsi tak heran jika warung bakso ini selalu ramai bahkan pembeli rela antri dan berdesak-desakan. Penasaran pengin ngerasain serunya antri Bakso Arema Cikditiro? Silahkan dicoba di Jalan Cikditiro, tepatnya di seberang  Rumah Sakit Mata dr. Yap, buka jam 12.00 - 17.00.

10.Bakso Depan Ex Hotel Brongto Suryowijayan
Bakso terakhir yang menjadi favorit saya adalah bakso di depan ex Hotel Brongto Yogyakarta. Bakso ini tidak ada namanya. Lho kok bisa? Iya, karena bakso langganan saya ini merupakan bakso gerobak dorong yang mangkal di depan ex Hotel Brongto. Awalnya saya penasaran karena setiap lewat Jalan Suryowijayan, gerobak bakso ini selalu dikerumuni pembeli. Karena penasaran, sayapun mencobanya, dan ternyata enak hingga saya ketagihan dan sering mampir setiap pulang kantor. Bakso ini mangkal di sore hari sekitar jam 17.00 hingga jam 23.00. Dengan harga yang murah yaitu 8 ribu/porsi, tak heran jika gerobak bakso bapak penjualnya selalu ramai dikerumuni pembeli. Penasaran, silahkan dicoba, bapak penjualnya ramah banget loh. Si Bapak mangkal tiap sore selepas jam 5, di depan ex Hotel Brongto, Jalan Suryowijayan Yogyakarta.

Itu tadi sepuluh bakso di Jogja favorit saya yang bisa kalian coba. Mungkin masih ada bakso enak yang belum masuk ke list? Jangan lupa info saya ya, saya pasti akan mencobanya. Selamat berakhir pekan.












3 comments: