expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday 20 June 2017

Menembus Beasiswa Unggulan Part#2 (Interview)

Halo adek-adek dan teman-teman para pejuang beasiswa, sudah pada nyiapin dokumen untuk pendaftaran BU batch 2 'kan? Jangan lupa ya, save the date, paling lambat submit tanggal 31 Juli 2017. Saran saya sih nggak usah buru-buru submitnya, pokoknya dipastikan semua dokumen sudah oke, baru deh disubmit.

Sudah baca postingan saya yang sebelumnya 'kan? Baca juga: http://ceritamamijuno2.blogspot.co.id/2017/05/when-mommy-back-to-campus-part8.html dan http://ceritamamijuno2.blogspot.co.id/2017/05/menembus-beasiswa-unggulan-part1.html. Kali ini saya akan share beberapa tips persiapan menghadapi interview BU atau tahapan setelah kalian dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sekitar 1 minggu setelah batas akhir pendaftaran (submit dokumen), pengumuman seleksi administrasi akan dikirimkan melalui email dan akun BU masing-masing. Setau saya sih, baik yang lolos ataupun tidak, tetap akan menerima email dari BU. Nahhh, bagi yang lolos seleksi administrasi, selain pengumuman lolos administrasi, juga akan menerima undangan untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu interview atau wawancara.

Pada batch 1, saya menerima email pengumuman lolos seleksi administrasi pada hari Rabu, 26 April 2017 dini hari dan interview dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 April 2017. Bagi saya hari Sabtu itu pas banget, soalnya saya nggak perlu bolos kerja atau kuliah. Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk interview? Semoga tips-tips berikut ini bermanfaat.

Apa yang harus dilakukan setelah menerima email undangan interview?

Interview dilakukan per regional, artinya interview peserta dari beberapa kota terdekat dilakukan di satu kota, misalnya saja waktu batch 1 kemarin, peserta interview di Kota Yogyakarta adalah mahasiswa yang sedang atau akan menempuh studi di Yogyakarta dan Solo. Saya sarankan adek-adek dan teman-teman untuk survey lokasi dulu sebelum hari H, supaya pas hari H tidak perlu cari-cari lokasi lagi, penting nih terutama bagi yang dari luar kota. 

Sebaiknya datang ke lokasi jam berapa?

antrian registrasi
Saya sarankan, pas hari H datang lebih awal, jadi kalau undangan jam 08.00, paling nggak jam 07.30 atau kalau bisa sih jam 07.00 sudah sampai di lokasi, karena peserta interview sangat banyak dan antri berdasarkan kedatangan. Pengalaman saya kemarin, undangan jam 08.00, saya tiba di lokasi jam 07.45 dan antrinya sudah panjang banget, untuk registrasi saja saya antri sekitar 1 jam. Jadi kalau mau cepat ya mending datang duluan.

Pakai baju apa ya?

Yang jelas baju rapi,  jangan pakai jeans. Batik atau bagi yang cewek pakai blazer boleh juga, dan bersepatu ya.

Dokumen apa saja yang harus dibawa waktu interview?
  1. Semua dokumen asli yang disubmit
  2. Download dan print form verifikasi di akun BU
  3. Bukti BPP/SPP/BOP/Biaya pendidikan 1 semester resmi dari perguruan tinggi, bisa berupa scan dokumen resmi dari kampus atau screenshot dari website kampus
Tahapan proses interview apa saja?
verifikasi dokumen asli
  1. Pertama cek nama kalian di daftar yang ditempel di lokasi, di meja berapa kalian akan diinterview. 
  2. Selanjutnya registrasi sesuai dengan jenjang studi (S1, S2, S3) untuk mendapatkan nomor urut verifikasi dokumen (antrinya panjang lho, jadi usahakan datang seawal mungkin, atau siap-siap kaki pegel yaa).
  3. Setelah mendapat nomor urut verifikasi dokumen, tunggu nomor kalian dipanggil untuk verifikasi dokumen (yang ini juga antri, jadi sabar yahh)
  4. Setelah dokumen asli diverifikasi, silahkan tunggu nomor kalian dipanggil untuk interview sesuai dengan meja yang telah ditentukan (yang ini juga cukup lama, dari verifikasi dokumen kira-kira saya menunggu 2 jam an untuk panggilan interview).
Apa yang harus dipersiapkan untuk interview?
  1. Berdoa
  2. Yang pasti nggak usah grogi, karena biasanya kalau grogi, apa yang kita ucapkan jadi nggak terkontrol.
Apa saja yang ditanyakan pada waktu interview?

nunggu giliran interview
Pengalaman saya kemarin di batch 1, saya diinterview oleh 1 orang interviewer, ibu-ibu dan beruntung si ibu ini cukup ramah, jadinya interview lebih kayak ngobrol biasa aja gitu. Sekitar 25 menitan saya diinterview, pakai bahasa Indonesia. Tapi bukan berarti kalian nggak perlu persiapan untuk interview Bahasa Inggris lho ya, karena setau saya, ada juga yang diiterview dengan Bahasa Inggris atau mix, jadi saran saya sih persiapan Bahasa Inggris nggak ada salahnya juga. Dalam 25 menit tersebut, kalau dirangkum pertanyaannya, kira-kira sebagai berikut:
  1. Mengapa Anda mendaftar beasiswa ini? Apa tujuannya?
  2. Jurusan apa yang Anda pilih? 
  3. Apa yang Anda pelajari pada jurusan tersebut?
  4. Mengapa Anda memilih jurusan tersebut?
  5. Pada proposal/essay, Anda menulis rencana penelitian tentang ..., bisa Anda ceritakan? Mengapa Anda memilih tema tersebut?
  6. Apa kontribusinya bagi masyarakat?
  7. Apa yang ingin Anda lakukan kalau sudah lulus ?
  8. Apa cita-cita anda?
  9. Ceritakan tentang diri Anda dan aktivitas Anda sehari-hari
  10. Prestasi  apa yang pernah Anda raih?
  11. Menurut Anda, Anda layak memperoleh beasiswa ini? Mengapa?
Nahhh, kira-kira seperti itulah yang ditanyakan saat interview. Interview adalah tahapan penting yang menentukan kalian lolos atau tidak, yang jelas nggak usah grogi, itu saja sih. 
Oke, selamat berjuang ya adek-adek dan teman-teman...Emang sih tulisan saya ini nggak menjamin kalian pasti lolos, tapi setidaknya kalian sudah ada gambaran kan, seleksi BU itu bagaimana, so don't give up on your dreams, good luck!!!

9 comments:

  1. assalamu'alaikum, selamat siang menjelang sore bu Heny. terimakasih atas ilmu dan pengalamannya. saya Lussy, dari Bantul Jogja. Maba di UNY jurusan Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. mau mengikuti program BU Batch 2. Minta doanya nggih, Bu.
    ijin saya print tulisannya. barakallahu fiik. :-)

    ReplyDelete
  2. Aaaaahh saya tahun kemarin gagal mbak Henyyy hiiks..tahun depan rencana mau coba lagi :D

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Bu Heny
    Terimakasih bu sharenya
    Sangat bermanfaat
    Saya insyaallah akan seleksi wawancara batch 2 BU
    Mohon doanya :-)
    Barakallahu fiik

    ReplyDelete
  4. Halo, selamat malam Bu Heny. Saya Jessica, pendaftar BU 2017 batch 2, kategori mahasiswa baru S1. saya akan menjalani interview tanggal 21 agustus ini di semarang. saya ingin tahu jawaban dari pertanyaan interview Ibu, mungkin bisa tolong dishare kan Bu? Email saya jessicaml866@gmail.com . Terimakasih sbelumnya.

    ReplyDelete
  5. HALO,,kak saya mau nanya, biasanya pengumuman seleksi administratif hanya di lihat di email aja kak atau juga di umumkan di akun, terimakasih kak?....

    ReplyDelete
  6. Mau nanya soal Beasiswa Unggulan, untuk sertifikat yang di lampirkan saat pendaftaran itu :
    1. Apakah harus sertifikat yang relevan dengan jurursan yang kita pilih?
    2. Terus kalau sertifikat peserta lomba/pesrta workshop/seminar gitu boleh nggak?
    3. Nah kalau sertifikat2 peserta tersebut di masukin ke kolom prestasi juga ya?
    Terimakasih:)

    ReplyDelete