expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Wednesday 28 June 2017

Benteng Takeshi Ala Jogja: The Lost World Castle Merapi

(foto:dakatour.com)
Kalo ngomongin obyek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, sepertinya nggak bakal ada habisnya ya, karena saat ini DIY memang sedang giat dalam memajukan pariwisatanya. Setiap Kabupaten, baik Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo dan Yogyakarta sendiri saat ini berlomba-lomba untuk memajukan pariwisatanya guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Munculnya obyek-obyek wisata baru dan unik di DIY berdampak pada antusiasme masyarakat untuk mengeksplornya. Kalo dulu masyarakat Jogja pikniknya lebih sering ke luar Jogja, sekarang tak perlu jauh-jauh, di sini banyak tempat yang indah yang sangat layak untuk dikunjungi.

Salah satu obyek wisata baru dan lagi hits di DIY, yaitu The Lost World Castle yang berlokasi di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Pada tahun 2010 lalu saat terjadi erupsi Merapi, tempat ini tergolong paling parah, hampir semua bangunan di sana rusak dan hanya tersisa puing-pusing. Dan sekarang, di tempat yang nyaris ditinggalkan penghuninya itu berdiri tegak bangunan yang indah, The Lost World Castle. Mungkin nama ini dipilih karena kisah di baliknya, sebuah daerah yang luluh lantak, dan nyaris ditinggalkan penduduknya. The Lost World Castle merupakan bangunan yang menyerupai Tembok Besar China, namun tidak sebesar dan sepanjang Tembok Besar China, ya versi mininya lah kira-kira. Bangunan ini mengingatkan saya pada Benteng Takeshi atau Takeshi Castle, game reality show Jepang yang tayang di televisi swasta. Sebelum puasa lalu saya mengunjungi The Lost World Castle bersama keluarga. Saat kami kesana, belum semua proses konstruksinya selesai, namun bangunan yang berdiri sudah sangat memukau.

view dari atas kastil
Untuk masuk ke The Lost World Castle, pengunjung harus membayar tiket seharga 15 ribu/orang (Mei, 2017). Saat itu pengelola mengatakan, karena tempat ini belum dibuka secara resmi, jadi harga tiketnya masih diskon, nanti kalau sudah selesai sepenuhnya, harga tiket menjadi harga normal, yaitu 60ribu/orang. Saat kami tiba di sana, pengunjung cukup ramai. Di rempat parkir juga sudah berdiri warung-warung makan dan fasilitas umum seperti toilet atau mushola. Selain bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi dari tempat ini, tempat ini cocok sekali untuk foto-foto atau selfie. Instagramable banget deh pokoknya. Ada beberapa spot foto yang memang disediakan oleh pengelola untuk dijadikan ajang selfie bagi pengunjung. Jika sudah puas berkeliling dan foto-foto, pengunjung bisa beristirahat, karena di kastil juga tersedia kantin dan kursi-kursi.

foto:eksplorewisata.com
Tak jauh dari lokasi The Lost World Castle, terdapat spot yang wajib dikunjungi, namanya Stonehenge yang merupakan tiruan dari situs batu di Inggris yang terkenal itu. Nah, kalau sudah sampai di lokasi ini, sayang 'kan kalau dilewatkan. Seperti The Lost World Castle, Stonehenge KW ini juga juga bagus banget loh untuk foto-foto. Selain itu pagi para penggemar kopi, bisa mampir menikmati segelas kopi panas di Warung Kopi Merapi yang lokasinya juga tidak jauh dari The Lost World Castle dan Stonehenge. Nah tunggu apa lagi, mumpung masih musim liburan, yukkk mengeksplor tempat-tempat wisata unik di Yogyakarta, salah satunya The Lost World Castle yang berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Saran saya, karena lokasinya yang cukup panas, jangan lupa bawa topi dan pakai sunblock ya, hehehe. Selamat berlibur.

1 comment:

  1. wah keren jadi ingat masa kecil tiap nnton benteng takeshi haha

    CV Tugu

    ReplyDelete