expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday 24 July 2016

Terima Kasih Prof...

Sabtu tanggal 23 Juli kemarin saya  mendapat kesempatan untuk memberikan kuliah umum di pra yudisium MM.Jujur saja,waktu diminta oleh Profesor saya untuk mengisi,saya bingung materi apa yang akan saya sampaikan,apalagi ini di depan calon wisudawan Pasca Sarjana.Saya ini siapa sih?Begitulah kira-kira yang ada dalam pikiran saya.Akhirnya saya putuskan untuk menyampaikan materi yang masih lumayan nyambung dengan bidang kerja saya,yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).

Ada sekitar 20an calon wisudawan yang mengikuti pra yudisium ini,dan saya melihat wajah-wajah bahagia di sana.Saya teringat tahun lalu ketika saya berjuang menyelesaikan tesis,ketika saya harus membagi peran menjadi seorang ibu,istri,pekerja dan mahasiswi.Bukan hal yang mudah,karena masing-masing peran mengandung tanggung jawabnya masing-masing.Saya sempat stuck dan tidak menyentuh tesis selama beberapa bulan dikarenakan kesibukan dan banyak hal lain.Sebagai seorang ibu tentu beda dengan yang masih single,yang bisa kapan saja buka laptop.Saya baru bisa buka laptop dengan tenang setelah Juno tidur,ato kalo nekat buka laptop di saat dia belum tidur,sudah bisa ditebak deh,pasti dia bakal melakukan apapun supaya emaknya tidak sibuk dengan laptopnya.Tak jarang saya harus begadang sampai pagi,dan paginya langsung bersiap ke kantor.Ya,itu sedikit cerita bagaimana saya berjuang menyelesaikan tesis waktu itu.

Kemarin,saya seperti flashback ke masa itu,mengingatkan saya pada masa-masa ketika energi saya benar-benar tercurah untuk itu,di samping harus membaginya dengan peran yang lain,yaitu sebagai ibu,istri dan pekerja.Dan itu semua terbayar ketika akhirnya saya bisa lulus.Puas,bahagia,haru semuanya bercampur menjadi satu.Saya bisa melaluinya.Itu yang saya rasakan waktu itu.
Dan kemarin,saya juga merasakan kebahagiaan para calon wisudawan yang telah berjuang melalui masa-masa berat,seperti yang saya lalui tahun lalu.

Ada satu hal yang menyentuh saya,ketika Prof.DR.Heru Kurniato Tjahjono,MBA yang juga dosen pembimbing saya menyampaikan sambutan,yang intinya kira-kira begini :ilmu bisa saja menjadi sarana untuk meraih materi,karier atau jabatan,tapi itu bukanlah yang utama.Dengan ilmu seharusnya kita bisa memberikan manfaat untuk sekitar kita.Dengan ilmu seharusnya kita bisa melakukan sesuatu yang lebih besar lagi,yaitu kemanusiaan.

Ya,Prof.Heru adalah salah satu sosok yang menginspirasi saya sejak awal kuliah S2.Beliau juga yang selalu mensupport saya sehingga saya bisa menyelesaikannya.Dan karena beliau jugalah saya termotivasi untuk melanjutkan study.Saya selalu ingat pesan beliau yang disampaikan kepada kami pada saat kuliah dulu,dan beliau mengulangnya kemarin,yaitu hendaknya kita selalu peaceful inside,fighter outside,apapun kondisi kita,hati harus selalu damai,begitu kira-kira.

Saat ini saya masih belajar dan berproses untuk itu.Tidak mudah ya ternyata,sama halnya ketika kita belajar ilmu ikhlas.Sering saya diskusi dengan suami mengenai definisi "bahagia" dan entah mengapa kami berdua sering mengidentikkan definisi "bahagia" itu dengan sosok petani di desa yang menghabiskan harinya dengan bekerja di sawah,lalu istrinya mengantar makan siang sederhana,dan dimakan bersama,lalu sorenya pulang ke rumah,dan melepas lelah bersama keluarga.Hemm..sepertinya klasik banget ya.Ya,itu kan cuma gambaran kami saja,hehehe.Tapi dari gambaran itu,kami berdua bisa mendefinisikan bahwa kebahagiaan tidaklah selalu tentang seberapa banyak materi yang dimiliki,atau di level mana kita berada,namun seberapa besar rasa syukur kita dengan apa yang kita miliki.Bahagia itu muncul ketika apa yang kita miliki atau apa yang kita peroleh itu cukup menurut takaran kita,bukan takaran orang lain.Toh yang bisa mengukur kebahagiaan kita ya kita sendiri kan?Bukan orang lain.

sumber : www.kyaikuhebat.com
Terima kasih Prof,telah memberikan banyak pencerahan kepada saya.Saya akan terus belajar dan berproses untuk lebih bersyukur,untuk lebih bermanfaat,dan tentu saja peaceful inside,fighter outside.






No comments:

Post a Comment