expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday 5 July 2016

Menurunkan Berat Badan Ala Mami Juno

Pernah ngga sih kalian ketemu temen lama, entah itu temen sekolah temen kuliah,temen kerja ato temen apa aja,trus pas ketemu dikomen begini "ehhh kamu gemukan yaa?" atau "yaa ampunnn..kamu gendut bangettt". Walaupun yang dibilang temen kita itu bener, tapi pasti kita tetep sebel kan?? Saya juga pernah kok ngalamin hal itu. Pernah pas lagi jalan di mall berdua sama temen, ga sengaja ketemu rombongan temen lama di sebuah mall,cowok cewek. Habis salam-salaman, cipika cipika dan berhaha hihi,tiba-tiba salah satu temen saya, cewek bilang gini "Hennn..kamu gendut bangettt, ya ampun perutnyaa.." Emang bener sih waktu itu saya nyadar juga lagi gendut-gendutnya, cuma tetep aja down banget pas ada yang bilang gitu.Mood untuk ngemall langsung hilang seketika.


Lain waktu di sebuah acara hajatan gitu, udah dandan keren menurut saya,ehh tiba-tiba ada yang nanya "Mbak Heny hamil lagi yaaa?"OMG, sebelll bangettt, rasanya tingkat kepedean langsung ngedrop,pengen cepetan pulang aja. Ga nyaman banget kan rasanya ketika hampir setiap orang yang kita temui fokusnya ke BB, di sini yang dimaksud BB adalah berat badan yaaa, bukan bau badan.Okeee..back to BB, kenapa ya orang yang kita temui kebanyakan fokusnya ke penampilan fisik?Yaaa karena apa yang terlihat pertama kali, itulah yang menjadi fokus seseorang, entah itu saat melihat orang atau benda. Saat kita melihat seseorang, pasti yang pertama terlintas dalam benak kita adalah apa yang terlihat oleh mata kita, seperti cara berpakaian,makeup nya atau yang lagi kita bahas sekarang...BB alias berat badan.

Bagi kaum wanita,BB merupakah masalah yang sangat sensitif. Seorang wanita bisa aja tiba-tiba hilang mood karena dibilang "kamu gendutan ya?" atau bisa juga acara reunian jadi tidak menyenangkan lagi ketika obrolan mengarah ke urusan BB. Jadi bersyukurlah wahai para wanita yang memang ditakdirkan punya badan yang tetep langsing walaupun makan banyak atau habis melahirkan.Saya sendiri termasuk orang yan cepet banget naik BB. Jadi walaupun makan saya ngga banyak, tetep aja BB akan naik dengan mudahnya. Kenapa?Entahlah,udah dari sononya kali.


Sebelum menikah BB saya selalu berada di angka 56-57kg, namun setelah menikah, BB naik secara teratur (mungkin karena tenang sudah punya pasangan hidup),namun kenaikannya masih terkendali. Pas hamil, BB saya naik hingga 18 kg, sehingga pada bulan ke-9 kehamilan Juno, BB saya 75 kg.Setelah melahirkan BB saya cuma turun 3 kg (hiks hiks). Setelah itu udah pasti baju lama ga ada yang muat lagi. Jadi setelah melahirkan BB saya 72 kg dan selama 1 tahun "mentok" di angka 67kg, masih ada sekitar 10 kg yang harus dibuang. Waktu itu saya emang belum niat buat nurunin BB, karena waktu itu Juno masih asi. Dan saat Juno 1 tahun, ketika asi saya sudah sama sekali tidak keluar, ketika banyak yang membully, ketika saya merasa tidak nyaman karena hampir semua baju ga muat, ketika saya merasa mudah capek, saya memutuskan untuk niat mengembalikan BB saya ke semula.Sebenarnya suami saya ngga pernah protes soal BB saya, ato mungkin dia emang sengaja diem buat nyenengin saya ya?hehehe... 

Waktu hamil (2013)
Dan...perjuanganpun dimulai.Hal pertama yang saya lakukan waktu itu adalah mengurangi karbohidrat, terutama nasi. Saya masih makan nasi, cuma porsinya berkurang, dari yang awalnya sehari makan 3 piring nasi, menjadi 3 x setengah piring nasi, tapi sayur dan lauknya tetep.Selain ngurangin porsi karbohidrat,saya juga mengikuti senam, BL, yoga di sanggar senam 2-3 kali seminggu.Tapi itu semua hasilnya ternyata ga maksimal karena saya belum bisa lepas dari yang namanya gorengan, cemilan dan kue yang manis-manis...ya namanya juga cewek, pasti hobi ngemil dong. Kalo ke minimarket, toko kue ato ke warung, pasti ada aja cemilan ato kue yang masuk ke keranjang belanja. Dalam 6 bulan BB saya ngga berkurang secara signifikan, cuma sekitar 2-3 kg.Jadi masih ada sekitar 7kg yang harus saya buang lagi.

Setelah melahirkan (2014)
Di sanggar senam saya sering ngobrol dengan teman-teman yang juga sedang berjuang mengurangi BB seperti saya. Ada yang menjalani diet mayo. Itu lho diet yang dijalani sama Aurel, anaknya Anang. Semua makanan cuma direbus ato dikukus tanpa bumbu ato garam.Jiahhh..udahlah kalo metode yang model beginian, corettt langsung,karena saya ga bakal mampu, hehehe. Ada juga teman-teman saya yang tiap hari senam,BL dan fitnes. Waduhhh...kalo tiap hari ngegym,energi dan waktu saya bisa habis dong, ga bisa kerja, ga bisa main sama anak malah repot.Akhirnya saya browsing-browsing cari metode diet yang menurut saya bisa saya jalani.Saya tertarik dengan detoks buah yang katanya bermanfaat untuk mengeluarkan zat-zat ato racun yang bisa menghambat diet yang kita jalani.Selama 5 hari saya cuma makan buah.Buahnya yang saya suka aja, apel hijau, nanas, mangga, pepaya, pisang, anggur, dan pear.Bisa dimakan langsung begitu aja ato dijus.Hari pertama udah pasti lemes bangetttt..perut perih, tapi Alhamdulilah saya bisa melewati. Hari kedua masih terasa berat,namun hari ketiga sampai kelima terasa lebih ringan karena tubuh udah adaptasi kali ya.Setelah hari kelima, saya nimbang dan taraaaaa...BB saya turun 4kg.Ya iyalah,cuma makan buah, udah pasti BB turun.

(sumber : www.fimela.com)
Setelah detoks buah, saya mulai mengatur pola makan. Segala macam karbohidrat seperti nasi ato roti saya kurangin,tapi sayur dan protein hewani seperti telur, ayam, daging seperti biasa aja. Makanan dan minuman manis saya kurangi. Cuma satu yang saat ini belum bisa stop, gorengan, hehehe. Menurut saya gorengan adalah makanan terenak di dunia,setuju kan?
Secara bertahap saya mengatur pola makan ini. Dan saat ini udah sekitar 1.5 tahun saya nggak makan nasi. Sebagai penggantinya saya lebih suka roti, sayur, buah dan lauk seperti biasa.Untuk olah raganya, saya memilih sepeda,senam dan BL, 2-3 kali seminggu. Tapi ini juga ngga mesti bisa dilakukan karena masalah waktu dan kesibukan.Saat ini BB saya 58kg, hampir mendekati target saya, yaitu 56kg.Sebenarnya dengan BB sekarang udah cukup puas sihh karena akhirnya baju-baju lama bisa dipakai lagi, kebaya waktu akad nikah bisa saya pakai waktu wisuda S2 dan rasanya lebih fresh.Namun sebenarnya berapapun BB kita, itu cuma angka,yang jelas mau gemuk, langsing ato kurus, itu bukanlah masalah, yang penting sehat.Nahhh...buat teman-teman terutama yang habis lahiran dan ingin menurunkan BB, mungkin cara saya ini bisa dicoba.

Sekarang (2016)

No comments:

Post a Comment